Alif_Laam_Meem__byAbubakar Yousaf

Faidah Dari Al Baqarah 1-5 : Sifat Orang Bertaqwa

Alif_Laam_Meem__byAbubakar Yousaf
 
Ada 29 surat dalm Al Qur’an yang diawali dengan huruf muqatha’ah, yaitu huruf-huruf yang membentuk kalimat yang tidak diketahui maknanya kecuali oleh Allah. Al Baqarah salah satunya. Beberapa ahli tafsir berupaya menjelaskan diantara hikmahnya adalah agar orang arab jahiliyah yang katanya ahli sastra itu sadar bahwa Al Qur’an itu diturunkan dalam huruf-huruf yang menyusun bahasa mereka sendiri. Seperti diketahui, orang arab dulu sangat mencintai sastra berupa sya’ir, tapi tak ada satupun yang mampu menandingi keindahan Al Qur’an.
 
5 ayat pertama surat Al Baqarah berisi sifat-sifat orang-orang yang bertaqwa, yaitu:
 
1. Menjadikan Al Qur’an yang tiada keraguan di dalamnya sebagai petunjuk.
 
Yakin deh, tidak ada kitab suci agama manapun yang lebih dimuliakan melebihi Al Qur’an. Tidak hanya dibaca, ia juga dihafalkan dan diamalkan. Kitab suci lain mana ada yang dibaca, apalagi dihafali, apalagi diamalin. Dari dulu sampe sekarang, ajaran Islam selalu bersumber pada Al Qur’an. Beda dengan umat lain. Punya ktab suci tapi yang diikuti ajaran pemukanya, bukan ajaran kitab sucinya. Trust me!

 
2. Beriman kepada yang ghaib
Ini kelebihan orang yang bertaqwa. Orang-orang munafiq apalagi kafir gak biasa beriman dengan sesuatu yang abstrak. Ga takut sama dosa karena ga berasa katanya. Ga yakin surga sama neraka bener adanya. Seakan mereka pengen ditunjukin mu’jizat dengan mata kepala sendiri, baru beriman. Padahal, yahudi yang udah ditunjukin mu’jiat berkali-kali, gak juga menjadikan mereka beriman. Trus ente mau ape?
 
3. Menegakkan Shalat
Ada isyarat yang sangat tegas kenapa kata yang dipilih “yuqiimu” yang berarti “mendirikan” atau “menegakka” bukan “ya’falu” yang artinya mengerjakan. Karena banyak yang shalat – dan tentu Encang masuk di dalamnya- sebatas memenuhi kewajiban. Semoga Allah menjadikan kita seperti Rasulullah yang mengatakan: “arihnaa bis shalaah” yang artinya “Istirahatkan kami dengan shalat”
 
4. Mengeluarkan zakat dan infaq dari harta mereka
Adanya kewajiban zakat dan infaq menunjukkan bahwa ibadah itu bukan hanya hubungan antara kita dengan Allah tetapi juga hubungan sosial antara kita dengan sesama makhluqnya. Punya rejeki berlebih? Cara sederhana, datangi RT setempat, tanya ada berapa orang miskin di lingkungan, buat paket sembako tiap bulan. 1 paket sembako seharga Rp.50.000-100.000 itu udah lumayan isinya bisa beras, minyak, gula, teh dan sebagainya. Sepele buat kita, sangat berharga untuk mereka. Ga perlu banyak, asalkan rutin. Karena ibadah yang terbaik itu yang konsisten sekalipun sedikit. Apalagi konsisten dan banyak! Walhamdulillah!
 
5. Beriman kepada Al Qur’an, Hadits dan Kitab-kitab lain yang diturunkan seperti injil kepada Nabi Isa, Taurat kepada Nabi Musa, dan Zabur kepada nabi Daud.
 
Ini dia 5 sifat yang orang bertaqwa yang bisa kita ambil dari Surat Al Baqarah 1-5. Semoga kita bisa memahaminya dan mengamalkannya supaya kita bisa jadi orang yang mendapat petunjuk dan keberuntungan.
 
أُولَئِكَ عَلَى هُدًى مِنْ رَبِّهِمْ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ
 
Merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang beruntung
 
Jaahid!
 
#NasihatQur‘ani
#MariMemahamiAlQur‘an
#AlBaqarah1-5

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *