pesguihan-alfatihah-2

Faidah Surat Al Fatihah

pesguihan-alfatihah-2Tanpa perlu survey, rasanya kita sepakat bahwa Al Fatihah adalah surat bahkan penggalan kalimat dalam makna yang umum yang paling sering dibaca di muka bumi. Gimana nggak, seorang muslim yang taat minimal membacanya 17 kali sehari.

Ianya disebut sebagai ummul kitab, karena kandungan surat Al Fatihah mencakup garis besar isi Al Qur’an secara umum.

Setidaknya, kita bisa mengambil beberapa faidah dari surat Al Fatihah:

1. Al Fatihah mencakup 3 tauhid; rububiyah melalui pengakuan ketuhanan Allah, uluhiyah dalam pernyataan kita “hanya kepadamu saja kami beribadah” dan asma wa sifat melalui puja-puji kita terhadap nama dan sifat Allah dalam surat ini. Harusnya orang yang bener2 memahami Al Fatihah, ga bakalan bergantung kepada selain Allah.

2. Seorang muslim harus senantiasa memohon keistiqamahan dan petunjuk kepada Allah subhanahu wata’ala. Karena kita hidup di akhir zaman yang dikatakan oleh Rasulullah: beriman di pagi hari, kafir di sore hari. Wal’iyadzu billah.

3. Orang yahudi dimurkai dengan sebab mereka mengetahui kebenaran lalu menolaknya adapun nasrani tersesat karena mereka meninggalkan ajaran nabinya. Jadi inget perkataan Dr. Zakir Naik. Bila yang dimaksud nasrani adalah orang yang mengikuti ajaran Nabi Isa dalam injil dan taurat, maka orang muslim lebih nasrani dari orang nasrani. Karena banyak sekali perintah yang kita ikuti seperti berjilbab, khitan, dan sebagainya.

4. Seorang muslim harus bangga karena Islam adalah satu-satunya agama di dunia ini yang tidak ada satupun perkara, kecuali telah dijelaskan oleh Allah dan Rasul-Nya. Makanya heran klo ada orang yang ingin memisahkan Islam dari sendi kehidupan muslim. Masuk kamar mandi duluan kaki yang mana aja di atur, apalagi hal lain yang lebih besar dari urusan kamar mandi!

5. Orang Islam juga harus bangga, karena Al Qur’an yang kita baca hari ini adalah Al Qur’an yang sama yang dibaca oleh Rasulullah 1400-an tahun yang lalu. Misalnya ada 1 huruf aja yang dirubah hari ini, pasti ketahuan! Karena Al Qur’an bukan hanya buku yang paling banyak dibaca tapi juga paling banyak dihafal. Ga usah survey. Buku harry potter yang katanya best seller di dunia aja emang ada yang hafal? bahkan pengarangnya pun tidak!

Semoga Allah menjadikan kita para pecinta dan pengamal Al Qur’an.

Jaahid!

‪#‎NasihatQur‬‘ani
‪#‎MariMemahamiAlQur‬‘anSet featured image

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *