kalimah

Pengalaman Daftar Belajar Bahasa Arab di Nasr City, Kairo, Mesir

kalimahAlhamdulillah kemarin, Rabu, 2 November 2016, Encang udah daftar kelas bahasa Arab fusha di Markaz Kalimah. Biaya pendaftaran 55 junaih dan bulanannya 350 junaih.. Sekitar 600 ribuan per level. 1 level nya selesai dalam 5 Minggu untuk 5 pertemuan seminggu (Sabtu-Rabu, Kamis dan Jum’at libur) dan 3 jam/pertemuan. Di sini ada 12 level. Kemarin waktu dites Encang masuk level 7. Alhamdulillah lumayanlah untuk ukuran pemula macem Encang. Muqarrarnya ngambil dari Al Arabiyah baina yadaik tapi ini udah dibikin semacam khulashah (ringkasan). Pacar Encang Lailatul Hidayah juga ikutan kelas ini mulai dari level 1.

Karena udah daftar kelas bahasa Arab fusha, Encang daftar kelas muhadatsah aja di Markaz Fajr. Waktu dites masuk ke level mutawassith (menengah). Kelas muhadatsah di Fajr ini sistemnya privat. Ada 3 level, mubtadi, mutawassith, ‘aaliyah. 1 levelnya 20 jam dan perharinya 2 jam. Jadi insya Allah 1 levelnya selesai hanya dalam 2 Minggu. Biaya di Markaz Fajr lebih mahal. Untuk pendaftaran 100 juneih dan bayar per levelnya untuk muhadatsah 1065 juneih. Oiya, kalau di Markaz fajr, kelas Arab fusha itu 15 level dan mahal banget biaya per levelnya. Di atas 1000 juneih. Tapi karena Encang emang pengen mempelajari tata kelola plus metode mengajar nya jadi ya gpp daftar aja. Gada yang mahal untuk ilmu. Masa beli gadget 5 juta++ murah buat belajar 1 juta dibilang mahal? #TunjukIdungSendiri

Oiya, ada 1 Markaz lagi yang rencana mau Encang ikutin, yaitu Markaz Nile. Ini menarik karena mereka punya buku sendiri. Insya Allah Sabtu, Encang mau daftar juga di sini. Di sini emang surga buat yang pengen belajar bahasa Arab. Banyak Markaz lughah dimana-mana walhamdulillah.

Berikut ini beberapa markaz lughah di nasr city, Kairo yang bisa diikuti. Silakan baca info lengkapnya di webnya:
1. Markaz Kalimah: kalimah-center.com
2. Markaz Fajr: http://fajr.com/

3. Markaz Nile : http://nilecenter.org/

Semoga kelak BLC (BISA Learning Centre) bisa menjadi rujukan dan tempat utama di Indonesia untuk belajar bahasa Arab dan ilmu Islam lainnya.

7 thoughts on “Pengalaman Daftar Belajar Bahasa Arab di Nasr City, Kairo, Mesir

  1. Assalaamu’alaikum Cang irul,
    1. Cang, klo total biaya kursus bahasa arab fusho dan muhadatsah di markaz kalimah dari level mubtadi sampai ‘aaliyah berapa juta rupiah ya cang?
    2. Cang, tolong kasih info detail dan gambaran, total biaya akomodasi/living cost selama di mesir untuk 3 bulan, 6 bln, dan 1 tahun? Termasuk tiket pp pesawat jakarta-cairo. Hehehe
    Syukron katsiiron cang

    • wa’alaikumsalam..

      1. per level kan sekitar RP.500.000 berati kalau masu selesai sekitar 7 jutaan itu selama 1 tahun lebih dikit
      2. INi nanyanya niat amat. Tiket PP klo normal bisa 15-20 Juta. Sewa apartemen mulai 1-3 juta, biaya hidup ya tergantung ente makannya ape. :)

  2. Assalamualaikum Ncang, kalau mau daftar dan visa ana visa turis visa ? apa ada visa khusus ? mohon infonya, barakallaahufiik wajazaakAllaah khair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *