img-20161027-wa0024

Tips Mengajak Umrah Bayi 3 Bulan

img-20161027-wa0024Sebenarnya tulisan ini agak telat, tapi melihat antusiasme pengunjung blog ini yang ternyata banyak mencari soal info umrah, maka Encang akhirnya memutuskan untuk menulis artikel ini. Semoga bisa menjadi panduan bagi ayah bunda lainnya yang berencana mengajak balita (bayi di bawah lima tahun)  atau batita (bayi di bawah tiga tahun) untuk menunaikan Umrah ke tanah suci.

Alhamdulillah tahun ini ada rejeki untuk ngajak umrah Istri. Awalnya Encang dan istri  berencana umrah bulan Ramadhan karena kami baru aja dikasih rejeki anak laki-laki yang ketiga, Jaahid Abdurrasyid. Pertimbangannya, saat Ramadhan 1437 H (Juli 2016)  kemarin, Jaahid sudah berusia 6 bulan. Tetapi, setelah bertanya teman-teman yang ada di Saudi tentang keadaan masjidil haram saat Ramadhan, kami mengurungkan niat kami. Karena bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling banyak jama’ah umrahnya sehingga jama’ah umrah berdesak-desakan baik saat shalat, thawaf, maupun sa’i.

Akhirnya kami memutuskan untuk umrah bulan April 2016 saat Jaahid baru berusia 3 bulan. Awalnya agak ragu, karena browsing dan blog walking, gada satupun yang punya pengalaman ngajak umrah bayi 3 bulan. Bahkan kebanyakannya berusia di atas 2 tahun sehingga Encang gak punya referensi utama.  Kalau ditinggal terus dititip sama emak babeh ga mungkin karena bayi 3 bulan butuh ASI Ekslusif. Akhirnya, mempertimbangkan kekuatan fisik si Jaahid, kami memberanikan diri untuk mengajak Jaahid umrah. Terus terang, sejak lahir, dibandingkan kedua kakaknya, Razin dan Adib, anak kami yang dari lahir terlihat super energik ya si Jaahid ini :). Oke, sekarang Encang rangkum aja tip-tips seputar mengajak bayi umrah dalam bentuk soal jawab.

Bayinya bayar berapa umrahnya?

Alhamdulillah karena bayi itu ga dapet tempat duduk di pesawat dan juga tidak dihitung untuk kamar hotelnya, kami hanya membayar Rp.2.000.000 untuk biaya umrah Si Jaahid dibandingkan Encang dan Istri  masing-masing membayar Rp.20.000.000. Umumnya travel umrah akan menerapkan kebijakan harga yang sama. Sekitar 10-30% biaya umrah dewasa.

Apakah bayi harus divaksin meningitis?

img_20161216_193344Bayi di bawah usia 2 tahun tidak perlu diberikan vaksin meningitis. Tetapi tetap harus diurus buku kuning vaksinnya. Kalau dewasa, bebas mengurus vaksin dimana aja seperti kemarin Encang dan Istri suntik vaksin dan mendapat buku kuning dari RS Fatmawati Jakarta Selatan. Tapi kalau anak di bawah usia 2 tahun harus mengurus langsung di Kantor Kesehatan Pelabuhan. Kemarin, Encang ke KKP Bandara Soekarno Hatta. Sesampainya di sana bilang saja mau urus vaksin untuk bayi. Nanti kita akan diberikan Surat Keterangan plus buku kuningnya.

img_20161216_193458

Surat Keterangan Tidak Perlu Vaksin

Bagaimana cara umrah sambil membawa bayi?

Pengalaman kemarin, Encang dan Istri memegang bayi secara bergantian. Misalnya selama thawaf, dari rukun yamani sampai hajar Aswad itu harus Encang yang gendong karena kerumunan jama’ah sangat padat. Nah dari hajar aswad ke rukun yamani relatif lenggang jadi bebas aja siapa yang mau gendong. Terus terang aja, umrah sambil gendong bayi perlu kekuatan ekstra. hehe.. Karena tanpa menggendong bayi saja, thawaf terlebih lagi sa’i cukup melelahkan. Apalagi ditambah menggendong bayi, plus fakta kalau pakaian ihram kurang nyaman untuk dipake sambil gendong bayi.  Walhasil, dari rombongan sekitar 45 orang, Encang dan istri yang paling terakhir selesai prosesi umrah dari thawaf hingga tahallul.

Intinya, selain memastikan keadaan bayi kita sehat wal ‘afiyah, yang gak kalah penting, kedua orang tuanya juga harus dalam keadaan sehat wal ‘afiyah juga. Karena dibutuhkan tenaga ekstra untuk menyelesaikan prosesi umrah.

Tapi jujur, ada berkah tersendiri dengan membawa bayi. Banyak jama’ah dari Indonesia dan juga dari mancanegara yang bertegur sapa karena melihat kami membawa bayi mungil sekadar bertanya berapa usianya, gimana caranya, dan berapa biaya umrahnya.

One thought on “Tips Mengajak Umrah Bayi 3 Bulan

  1. Salam.

    Saya juga rencana melakukan ibadah umroh dgn membawa bayi (usianya 13 bulan). Ternyata usia di bawah 2 tahun tdk perlu vaksin ya. Masih bingung ini, apa bayi saya perlu divaksin juga atau tidak.

    Terima kasih atas postigannya pak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *