kaaba_3d_model_c4d_max_obj_fbx_ma_lwo_3ds_3dm_stl_1246227

Cara Mengecek Apakah Kita Harus Membayar Visa Umrah Tambahan 2000 Riyal

kaaba_3d_model_c4d_max_obj_fbx_ma_lwo_3ds_3dm_stl_1246227Desas-desus tentang kebijakan baru saudi soal biaya tambahan untuk jama’ah yang umrah lebih dari satu kali dalam setahun sudah santer terdengar sejak tahun lalu. Kebijakan ini tentu memberatkan sebagian orang khususnya pengusaha travel wabilkhusus muthawwifnya yang sudah pasti akan umrah lebih dari sekali dalam setahun karena ikut mendampingi jama’ah. Besaran biaya tambahan visa umrahnya juga gak tanggung-tanggung, yaitu 2000 SAR (Saudi Riyal) atau setara Rp.7.000.000!  Jelas kebijakan ini membuat heboh jagat dunia per-umrah-an setanah air.

Kebijakan ini banyak membuat orang kecewa. Saking kecewanya, sampai ada yang mengabarkan bahwa kebijakan visa tambahan 2000 SAR ini sudah dibatalkan oleh Saudi. Menteri Agama kita, Lukman Hakim Saifuddin, sempat termakan isu hoax ini dan pada akhirnya meminta maaf dan mengklarifikasi bahwa kebijakan biaya visa umrah tambahan ini tetap berlaku. Baca di sini: https://www.kemenag.go.id/berita/426794/menag-minta-maaf-dan-pastikan-info-pembatalan-biaya-visa-tidak-benar

Benar saja, sejak Februari 2017 kemarin, banyak temen-teman Encang yang bergerak di dunia travel umrah yang mengaku beberapa jama’ahnya sudah mulai dikenakan biaya visa umrah tambahan sebesar 2000 SAR. Lalu, bagaiamana cara mengetahui apakah kita sudah terkena biaya visa tambahan atau tidak? Caranya mudah! Silakan buka situs resmi saudi di link berikut: https://eservices.haj.gov.sa/eservices3/pages/VisaInquiry/SearchVisa.xhtml?dswid=4740

nanti akan muncul tampilan berikut:
2017-04-24

 

 

 

 

 

 

 

Silakan masukan nomor paspor pada kolom “Passport Number” dan pada kolom “nationality” pilih Indonesia. Pada kolom “Enter Image Code”, silakan masukan kode yang muncul di bawah. Misalnya pada gambar di atas yang muncul “n9kb” maka ditulis “n9kb”.  Setelah itu klik “submit” maka akan muncul tampilan berikut:

2017-04-24 (1)

 

 

 

 

 

 

perhatikan gambar di atas. Ada keterangan ” Required to make a payment of additional SAR 2000 for umrah visa” yang berarti jama’ah di atas sudah terkena biaya tambahan 2000 SAR karena jama’ah di atas sudah umrah bulan Februari 2017. Maka kalau umrah lagi, akan dikenakan biaya tambahan 2000 SAR.

Berikut ini Encang tampilin juga jama’ah yang umrah ramadhan tahun lalu (2016) dan saat dicek, tidak ada keterangan seperti gambar di atas. Perhatikan gambar berikut:

2017-04-24 (2)

 

 

 

 

 

 

 

Demikian cara untuk mengetahui apakah kita sudah terkena visa tambahan 2000 SAR atau belum. Meski agak besar biayanya, tapi insya Allah itu sebanding dengan pahala yang bisa kita raih selama di tanah suci. Semoga menjadi umrah yang mabrurah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *