buka puasa di masjidil haram

Nikmatnya umrah di bulan ramadhan

Tidak dapat dipungkiri, antrian haji yang mencapai masa tunggu belasan tahun menjadikan umrah kian diminati. Terlebih lagi umrah di bulan Ramadhan yang pahalanya setara haji bersama nabi. Rasulullah bersabda:

‎فَإِنَّ عُمْرَةً فِى رَمَضَانَ تَقْضِى حَجَّةً مَعِى

“Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku” (HR. Bukhari no. 1863).

Belum lagi, suasana umrah di bulan Ramadhan sangatlah berbeda. Atmosfirnya luar biasa. Keberkahan ramadhan, ditambah keberkahan tanah haram, membuat semangat beribadah kita melejit. Khususnya di 10 malam terakhir Ramadhan. Kita benar-benar menegakkan malam. Saking sibuknya, ga ada waktu untuk tidur di malam hari.

umrahBayangkan saja, azan maghrib di bulan Ramadhan lebih malam. Sekitar pukul 7 waktu makkah. Menjelang maghrib, di sepanjang masjid, digelar sajian ifthar gratis yang umumnya menunya adalah kurma dan roti. Selesai kita ifthar, azan isya berkumandang. Kemudian shalat tarawih 23 rakaat yang selesai kira-kira pukul 11-an. Sekitar pukul 1 atau 2, ada lagi shalat qiyamullail yang selesai jelang sahur. Tidak lama setelah sahur, azan shubuh berkumandang. Kita pun bergegas shalat shubuh. Selesai shalat shubuh berzikir, berdoa, baca qur’an hingga syuruq. Rangkaian ibadah ini terjadi setiap malam. Siangnya bisa diisi dengan istirahat, tilawah, dzikir, dan thawaf sunnah bagi yang mau.

Bagi orang yang pernah merasakan umrah di luar dan pada bulan Ramadhan pasti sepakat bahwa umrah di Ramadhan lebih seru. Karena banyak keutamaan dan ibadah yang tidak didapati di bulan selain Ramadhan.  Meski saat Ramadhan cuaca lebih panas dibanding bulan lainnya plus waktu puasa lebih lama dibanding di Indonesia, tapi itu semua sepadan dengan momen berbuka puasa bersama jutaan saudara muslim sedunia,  tarawih dan qiyamullail dipimpin imam-imam yang tilawahnya masya Allah merdu bersama saudara semuslim sedunia dengan segala karakter khasnya. Ya Allah.. Mudahkanlah kami berkunjung ke rumah Mu.. Aaamiin..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *