bukit rumat uhud

Mengunjungi Bukit Rumat : Saksi Sejarah Kekalahan Perang Uhud

bukit rumat uhudIni adalah bukit rumat. Peziarah umrah biasanya selalu ke sini ketika tour city di madinah. Ini merupakan saksi sejarah penting di awal masa Islam. Saat perang Uhud, ada sekitar 50 pemanah yang Rasulullah tempatkan di bukit ini. Rasulullah berpesan agar pemanah tetap di tempatnya sampai perang usai. Di fase awal peperangan, pasukan kafir quraisy yang berjumlah 3000 orang mulai porak poranda melawan 700 orang kaum muslimin yang setia. Awalnya, ada 1000 pasukan kaum muslimin, lalu 300 orang membelot karena mengikuti gembong munafik abdullah bin ubay bin salul.

Melihat kaum kafir mulai porak poranda, banyak pasukan pemanah yang turun untuk mengambil ghanimah (rampasan perang). Khalid bin walid yang saat itu belum masuk Islam melihat peluang ini dan langsung menghajar pasukan pemanah hingga hancurlah barisan pertahanan kaum muslimin. Lalu keadaan berbalik hingga kaum muslimin mengalami kekalahan di perang ini. Bahkan diantara syuhada perang uhud adalah paman Rasulullah, hamzah bin abdul muthallib, yang ditombak oleh wahsyi. Di peperangan ini pula Rasulullah mengalami luka yang serius.

Hikmah:
1. Perintah Allah dan Rasulullah pasti bermanfaat untuk kemaslahatan kaum muslimin. Melanggarnya merupakan bencana dan kebinasaan.

2. Terkadang kehancuran Islam itu bukan karena serangan dari luar tapi karena adanya duri dari dalam Islam itu sendiri.

Semoga kita termasuk orang yang mentaati Allah dan Rasulullah dan setia kepada Islam dan berlepas diri dari kekufuran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *