masjid quba

Mengunjungi Masjid Quba, Madinah, Arab Saudi

masjid quba

Ini adalah masjid Quba, masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- dalam perjalanan hijrah beliau dari mekkah menuju madinah. Sebelum sampai Madinah, beliau singgah dulu di daerah Quba, 3 km dari Masjid Nabawi.

Masjid Quba ini istimewa bagi orang Islam. Setidaknya karena 3 hal ini:

1. Ini adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah. Ia juga masjid yang dimaksud dalam ayat:

(لَمَسْجِدٌ أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَىٰ مِنْ أَوَّلِ يَوْمٍ أَحَقُّ أَنْ تَقُومَ فِيهِ ۚ فِيهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوا ۚ وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِينَ)

Sungguh, masjid yang didirikan atas dasar takwa, sejak hari pertama adalah lebih pantas engkau melaksanakan shalat di dalamnya. Di dalamnya ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Allah menyukai orang-orang yang bersih.

[Surat At-Tawbah 108]

2. Rasulullah biasa mengunjungi masjid Quba hari Sabtu baik dengan berjalan kaki atau berkendaraan. Dalam sebuah hadits:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِي مَسْجِدَ قُبَاءٍ كُلَّ سَبْتٍ، مَاشِيًا وَرَاكِبًا فَيُصَلِّي فِيْهِ رَكْعَتَيْنِ

Dahulu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam mendatangi Masjid Quba setiap hari Sabtu dengan berjalan kaki atau berkendaraan kemudian Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat dua rekaat. (HR. Bukhari dan Muslim)

Kenapa hari Sabtu? Dikisahkan bahwa penduduk Quba saat itu kalau shalat jumat tidak ke masjid nabawi tetapi menyelenggarakan shalat jumat di masjid Quba. Padahal shalat jumat adalah ajang Rasulullah berkomunikasi dengan para sahabat – radhiyallahu anhum. Sehingga beliau sengaja mengunjungi Quba hari Sabtu untuk bertegur sapa dengan penduduk Quba.

3. Shalat sunnah 2 raka’at di Masjid Quba berpahala seperti umrah. Rasulullah bersabda:

مَنْ تَطَهَّرَ فِي بَيْتِهِ ثُمَّ أَتَى مَسْجِدَ قُبَاءَ، فَصَلَّى فِيهِ صَلَاةً، كَانَ لَهُ كَأَجْرِ عُمْرَةٍ

Barangsiapa bersuci di rumahnya kemudian datang ke Masjid Quba’, kemudian dia mendirikan shalat di sana, maka dia mendapatkan pahala umrah (HR. Ibnu Majah dan lainnya)

Jama’ah umrah biasanya ke sini dalam paket city tour di Madinah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *